Aplikasi Canggih Untuk Nelayan

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pesatnya perkembangan teknologi hampir merambah kesemua lini kehidupan manusia. Mulai dari kebutuhan konsumtif, teknologi yang berubah wujud menjadi era digitalisasi kekinian yang seakan menjadi senjata utama untuk kebutuhan berbagai profesi maupun hobi.

Tak ketinggalan pula pekerjaan atau profesi para nelayan yang dulunya menggunakan cara tradisional serta manual, kini dimanjakan dengan perkembangan munculnya peralatan canggih baik dalam hal permesinan, keamanan bahkan akhir-akhir ini hingga nelayan tradisional di pelosok pun telah menikmati kehadiran aplikasi pendeteksi ikan. Iya, tidak hanya pendekteksi arah saja yang dikembangkan. Mereka, para developer sudah semakin gandrung memanjakan para nelayan untuk memaksimalkan penghasilan dengan moda digitalisasi. Sangat menggembirakan sekali tentunya karena perangkat untuk mengaksesnya sudah menjamur hingga pelosok sekalipun.

Baiklah, pada postingan kali ini akan kami sajikan beberapa aplikasi canggih yang sangat bermanfaat sekali bagi para nelayan.

1. Nelayan Pintar

Nelayan Pintar
http://indonesiabaik.id/infografis/aplikasi-nelayan-pintar-untuk-tangkapan-maksimal

Nelayan Pintar atau dengan nama lain Sistem Informasi kenelayanan ini dikembangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Ditjen Perikanan, Balai Penelitian dan Observasi Laut, bekerjasama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk data cuaca.

Dirilis sejak tahun 2016 dan terakhir di update Februari 2019, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi informasi bagi nelayan yang tergolong lengkap.

Disertai informasi cuaca dan gelombang laut, aplikasi ini menyediakan fitur persebaran titik potensi ikan dan tanda labuh jangkar kapal-kapal besar.

Lengkap pula dengan data pelabuhan, meskipun banyak pelabuhan kecil di kawasan kepulauan yang belum terdata. Perkiraan penggunaan BBM dan harga pasar ikan menjadi penunjang nelayan untuk menyongsong revolusi industri 4.0.

Untuk mengaplikasikan fitur-fitur menarik dari Nelpin ini, pengguna harus login dengan menggunakan nomer KTP, SIM, Anggota nelayan ataupun nomer handphone.

2. Fishing Point

Fishing Point

Meski bukan karya anak bangsa, aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan asal Klagenfurt, Austria ini bisa menjadi alternatif untuk nelayan ataupun yang hobi melaut untuk mancing

Selain informasi prakiraan cuaca, gelombang dan navigasi arah lokasi mancing, aplikasi ini menyediakan fitur berbagi untuk pengguna berbagi lokasi kepada teman. Pengguna juga dapat menyimpan titik kordinat lokasi penangkapan ikan agar dapat kembali lagi diwaktu lain.

Sisi lain, tidak semua fitur menarik dapat digunakan, Fishing Point menyewakan fitur yang lebih eksklusif dalam versi premiumnya. Harga sewa premiun sekitar Rp 10 ribu perbulan yang ditagih tahunan atau opsi lain tagihan bulanan untuk jangka pendek dengan harga Rp 25 ribu perbulan.

Aplikasi ini telah diunduh sebanyak satu juta kali, dan dengan penilaian pengguna 4.4. Download Here

3. Nelayan

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan digital asal Bekasi bernama 8villages. Dari segi visual, aplikasi ini memiliki tampilan yang paling baik untuk user experience.

Didalamnya juga disertakan artikel berupa informasi dan berbagai cara terkait penangkapan ikan, hingga pembudidayaan dan prosfek bisnis perikanan. Disertakan pula harga pasaran ikan dengan pilihan berbagai daerah di Indonesia.

Aplikasi yang memiliki rating 12+ ini, lebih menekankan kepada hasil tangkapan dan potensi bisnis perikanan. Nelayan dapat langsung menjual ikan kepada pembeli tanpa ada penengah. Pengguna bisa menggunakan fitur diskusi untuk mencari informasi lebih jauh.

Fitur informasi cuaca juga disediakan dalam aplikasi yang terakhir diupdate Januari 2019 ini. Sayangnya tidak terdapat informasi potensi persebaran ikan yang dapat menunjang hasil tangkapan nelayan. Download here

4. Nelayan Aruna

Aplikasi yang satu ini merupakan sebuah platform untuk nelayan yang dikembangkan oleh PT Aruna Jaya Nusantara sejak April 2018 lalu. Salah satu startup nelayan yang sempat menarik perhatian dunia, karena mampu menembus komoditas laut internasional.

Sayangnya Nelayan Aruna lebih fokus pada penjualan ikan dan pendataan hasil tangkapan nelayan. 

Tidak perlu khawatir, Aplikasi yang telah diulas oleh media internasional ini sedang mengembangkan fitur informasi yang akan terbit dalam rilis updatenya. Download here

5. Laut Nusantara

Laut Nusantara

Aplikasi ini dikembangkan oleh PT XL Axiata Tbk dengan tujuan untuk membantu nelayan diseluruh penjuru nusantara. Di Playstore aplikasi ini telah didownload lebih dari 10.000 pengguna smartphone.

Ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini, sehingga digolongkan aplikasi nelayan yang paling direkomendasikan. Dan di perkuat dengan dukungan langsung oleh Balai Riset dan Observasi Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat melihat informasi persebaran ikan di perairan Indonesia dan beberapa informasi lain mengenai potensi dan isu kelautan seperti terumbu karang, pelestarian biota laut dan informasi lainnya.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur paparan data cuaca yang update khusus untuk menyajikan prakiraan untuk nelayan dalam menentukan arah angin, kecepatan angin, dan tinggi gelombang.

Selain itu, pengguna juga dapat melaporkan hasil tangkapan yang terintegrasi dengan dinas terkait. Didalamnya juga disediakan harga ikan dipasaran. Serta pengguna dapat melakukan perhitungan bbm yang akan terpakai sesuai dengan mesin yang digunakan nelayan. Download here

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama