Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas

Dewasa ini hampir semua aktivitas kita sehari-hari tidak terlepas dari penggunaan smartphone. Apalagi bagi sebagian kaum hawa yang bekerja di kantoran. Selain harus menyelesaikan pekerjaan kantor juga masih harus berkerja mengurus rumah tangga. Tidak heran kalau hp android cepat panas karena terlalu sering digunakan. 

Saat ini keberadaan smartphone sudah menjadi sebuah kebutuhan yang seakan tidak bisa ditinggalkan. Sehingga apabila tidak dapat berfungsi dengan baik bisa menghambat mobilitas pekerjaan. Terutama bagi yang mempunyai wirausaha dibidang online Atau yang berprofesi sebagai penulis via digital. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan hp menjadi cepat panas. Selain karena pemakaian yang terus menerus ada juga sebab lain yang bisa membuatnya cepat panas. 

Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas

Casing Hp Dari Bahan Yang Tahan Panas

Pemakaian smartphone yang terus menerus, sebenarnya wajar saja kalau membuat hp menjadi cepat panas. Namun bagaimana kalau hp yang baru dipakai sebentar sudah terasa panas? Tentu saja ada hal lain yang menjadi penyebabnya. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi Hp Android cepat panas, yuk kita simak ulasannya
Lakukan pengecekkan pada casing handphone. Karena pemakaian casing yang kurang sesuai akan menyebabkan smartphone menjadi panas. Karena itu pilihlah casing yang smartphone yang bisa mengeluarkan suhu panas. Biasanya materialnya yang berasal dari ketiga campuran plastis HBS, HD dan H Impack.

Koneksi Wifi Yang Efektif

Konektifitas jaringan wifi sebaiknya harus dilakukan seefektif mungkin, karena dapat menyebabkan smartphone atau Android cepat panas. Lebih baik matikan wifi bila tidak digunakan. Cara seperti ini dapat meredam suhu panas pada handphone. Sehingga handphone bisa lebih awet. 

Fungsi Notifikasi Getar 

Penggunaan fungsi getar pada smartphone juga akan membuat perangkat smartphone atau Android anda cepat panas. Karena itu sebaiknya matikan saja fungsi getarnya bila tidak diperlukan. Cara seperti ini sangat efektif menurunkan suhu panas pada smartphone. 

Batasi Pemakaian Smartphone

Perkembangan teknologi smartphone saat ini sebenarnya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas canggih untuk kenyamanan pengguna. Salah satunya adanya fitur untuk menjaga suhu agar handphone tetap berada pada suhu normal. Smartphone yang cepat panas itu karena terlalu sering dipakai sehingga mengakibatkan Ram dan Sistem penggeraknya harus bekerja extra. Demikian juga dengan batrainya. 
Karena sebaiknya membatasi pemakaian smartphone untuk hal-hal tertentu saja. Terutama untuk yang berhubungan dengan pekerjaan saja. Hindari pemakaian yang sifatnya tidak penting seperti bermain game misalnya. Gunakan smartphone selama beberapa jam kemudian cobalah untuk mematikannya selama 30 menit untuk mengistirahatkannya, cara seperti ini sangat efektif menghindari HP Android cepat panas. 

Cek Kondisi Fisik Batrai

Pemakaian smartphone dalam waktu yana merupakan salah satu sebab perangkat anda cepat panas. Karena itu sebaiknya periksa kembali kondisi batrai smartphone. Karena bila kondisinya terlalu panas akan mengakibatkan semua alat pendukung handphone menjadi rusak. Selain itu bisa juga adanya kerusakan batrai ini bawaan dari pabriknya. 
Untuk mengetahui kondisi ini dapat dilakukan dengan cara menekan *#*#4636#*#*. Setelah menekan tombol tersebut nanti keluar battery info. Kemudian pilihlah battery temperature lihat berapa suhunya. Bila suhunya melibihi 50 derajat berarti kondisi batrai memang ada masalah. 

Penggunaan Hotspot

Sama halnya dengan wifi, penggunaan hotspot juga akan menyebabkan smartphone cepat panas. Karena itu sebaiknya hindari penggunaan hotspot  pada Hp Android atau jangan pernah menggunakannya kalau tidak dalam keadaan terpaksa atau penting. Cara ini sangat mudah dan efektif agar smartphone tidak cepat panas dan tidak rusak. 

Mengatur Ruang Penyimpanan

Aturlah penggunaan ruang penyimpanan pada smartphone, jangan sampai terlalu penuh karena akan menyebabkan perangkat smartphone anda cepat panas. Caranya dengan menghapus file-file yang tidak penting atau tidak terpakai. Sehingga ruang penyimpanan masih menyisakan ruang kosong. Jadi handphone dapat leluasa bernapas karena tidak terlalu penuh. 
Demikian uraian tentang cara mengatasi smartphone cepat panas. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama