Tugas Kelompok Sejarah Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara

Judul Tugas: Sejarah Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara

Deskripsi Tugas:

Siswa-siswi SMK Salafiyah Pati yang kami banggakan. dalam tugas kelompok ini, Anda akan menelusuri proses Islamisasi dan silang budaya di Nusantara pada masa awal masuknya Islam ke Indonesia. Tugas ini bertujuan untuk memahami peran kerajaan Islam, faktor-faktor yang memengaruhi penyebaran Islam, serta dampaknya terhadap budaya dan masyarakat di Nusantara.

Langkah-langkah:

  1. Pemilihan Kelompok: Bentuklah kelompok terdiri dari minimal 3 siswa.
  2. Pemilihan Topik: Setiap kelompok memilih satu topik terkait dengan proses Islamisasi di Nusantara. Pilihlah 1 (satu) atau lebih kerajaan islam di Nusantara yang mencerminkan peran islamisasi, akulturasi dan proses integrasi di Indonesia. 
  3. Penelitian: Setiap anggota kelompok bertanggung jawab untuk melakukan penelitian terkait dengan topik yang dipilih. Gunakan berbagai sumber seperti buku, jurnal, artikel, dan sumber daring yang relevan untuk mengumpulkan informasi.
  4. Pembagian Tugas: Bagilah tugas-tugas dalam kelompok, seperti penulisan laporan, pembuatan presentasi, pencarian gambar atau video, dan lain-lain. Pastikan setiap anggota kelompok terlibat secara aktif dalam menyelesaikan tugas.
  5. Penulisan Laporan: Gabungkan hasil penelitian dari setiap anggota kelompok menjadi satu laporan. Laporan harus mencakup informasi tentang latar belakang sejarah, faktor-faktor yang memengaruhi Islamisasi di Nusantara, peran kerajaan Islam, serta dampaknya terhadap budaya dan masyarakat.
  6. Pembuatan Presentasi: Buatlah presentasi berbasis Powerpoint atau PDF (minimal 20 halaman) yang mencerminkan isi dari laporan. Halaman depan berupa identitas yang meliputi nama judul, nama kelompok disertai logo sekolah dan Kompetensi Keahlian. Gunakan gambar, grafik, dan diagram untuk memperkuat poin-poin penting. Setiap anggota kelompok diharapkan untuk berkontribusi dalam penyusunan materi presentasi.
  7. Pra-presentasi : Sebelum presentasi, wajib mengumpulkan file serta printout bahan presentasi kepada guru mapel.
  8. Persentasi: Setiap kelompok akan mempresentasikan hasil penelitian mereka di depan kelas. Pastikan presentasi berlangsung dengan lancar dan jelas, dan siap untuk menjawab pertanyaan dari guru dan teman-teman di kelas.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama