Dokumen Penting dalam Persiapan Pendaftaran CPNS 2024

Merujuk pada pelaksanaan seleksi CPNS pada tahun-tahun sebelumnya, calon plamar CPNS dan PPPK harus melampirkan dokumen persyaratan sesuai formasi dan instansi yang dipilih. Berikut daftar dokumen syarat pendaftaran seleksi CPNS. 

  1. Pasfoto berlatar belakang merah ukuran maksimal 200 Kb dengan format jpeg/jpg 
  2. Swafoto ukuran maksimal 200 Kb dengan format jpeg/jpg 
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) ukuran maksimal 200 Kb dengan format jpeg/jpg 
  4. Ijazah kuran maksimal 800 Kb dengan format pdf 
  5. Sertifikat Pendidik (Serdik) atau Surat Tanda Registrasi (STR) ukuran maksimal 800 Kb dengan format pdf 
  6. Transkrip nilai ukuran maksimal 500 Kb dengan format pdf 

Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis formasi dan instansi yang dilamar. Dokumen tersebut perlu dipindai dan diunggah ke laman SSCASN saat melakukan pendaftaran. 

Di samping mempersiapkan berkas pendaftaran CPNS, kita juga perlu mempersiapkan mental dengan matang. Persiapan mental ini mencakup kemampuan untuk mengelola stres, ketekunan, dan ketahanan menghadapi berbagai tahapan seleksi. Tanpa mental yang kuat, tantangan-tantangan yang muncul selama proses seleksi dapat dengan mudah menguras energi dan motivasi kita. Oleh karena itu, melatih mental dengan positif dan optimis sangat penting agar kita dapat menjalani proses ini dengan lebih percaya diri dan fokus.

Belajar adalah kunci utama untuk sukses dalam seleksi CPNS. Proses belajar yang efektif mencakup memahami materi ujian, berlatih soal-soal, serta mengikuti bimbingan belajar jika diperlukan. Memanfaatkan berbagai sumber belajar, baik buku, internet, maupun komunitas belajar, akan membantu kita lebih siap menghadapi ujian. Konsistensi dalam belajar dan mengatur waktu dengan baik sangat diperlukan agar materi yang dipelajari dapat dikuasai dengan maksimal. Dengan belajar yang tekun, peluang untuk lolos seleksi menjadi lebih besar.

Selain itu, berdoa kepada Allah SWT merupakan langkah penting yang tidak boleh dilupakan. Berdoa memberikan ketenangan batin dan keyakinan bahwa segala usaha yang kita lakukan mendapat restu dan berkah dari-Nya. Memohon petunjuk dan kemudahan dari Allah SWT akan menambah kekuatan spiritual kita, sehingga kita merasa lebih tenang dan percaya diri dalam menghadapi setiap tahapan seleksi. Dengan kombinasi usaha keras dan doa, kita dapat berharap hasil terbaik dari proses seleksi CPNS yang kita ikuti. Semoga sukses

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama