Tugas Portofolio BAB I : Pembuatan Peta Konsep "Pengantar Ilmu Sejarah"

Tugas Portofolio BAB I

Kelas : X Busana dan TJKT-1 SMK Salafiyah

  • Tugas portofolio dikerjakan individu
  • dikerjakan pada form kelengkapan portofolio, unduh disini  => https://s.id/PortoSLF

*Instruksi:*

Buatlah peta konsep yang menggambarkan konsep-konsep utama dalam "Pengantar Ilmu Sejarah." Gunakan peta konsep sebagai alat visual untuk merangkum informasi dan menghubungkan konsep-konsep penting. Berikut adalah petunjuk langkah demi langkah untuk membuat peta konsep:


1. *Judul Peta Konsep:* Beri judul peta konsep Anda, misalnya "Pengantar Ilmu Sejarah."

2. *Definisi Ilmu Sejarah:* Letakkan kotak atau bentuk di tengah peta konsep yang berisi definisi ilmu sejarah. Hubungkan dengan panah ke konsep utama berikut.

3. *Tujuan Ilmu Sejarah:* Tambahkan kotak yang menjelaskan tujuan utama ilmu sejarah. Hubungkan dengan panah ke definisi ilmu sejarah.

4. *Sumber Sejarah:* Tambahkan kotak atau bentuk yang mewakili berbagai jenis sumber sejarah, seperti sumber primer dan sumber sekunder. Hubungkan dengan panah ke definisi ilmu sejarah dan tujuan ilmu sejarah.

5. *Metode Sejarah:* Sisipkan kotak yang menjelaskan metode yang digunakan oleh sejarahwan untuk memahami sejarah, seperti metode penelitian, pengumpulan data, analisis, dan interpretasi. Hubungkan dengan panah ke sumber sejarah.

6. *Periodisasi Sejarah:* Tambahkan kotak yang menjelaskan konsep periodisasi dalam sejarah dan bagaimana sejarah dibagi menjadi periode tertentu. Hubungkan dengan panah ke metode sejarah.

7. *Tantangan dalam Memahami Sejarah:* Sisipkan kotak yang mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh sejarahwan dalam merekonstruksi masa lalu. Hubungkan dengan panah ke metode sejarah.

8. *Sejarah Lokal dan Global:* Tambahkan kotak yang menjelaskan pentingnya memahami sejarah dalam konteks lokal dan global. Hubungkan dengan panah ke definisi ilmu sejarah dan periodisasi sejarah.

9. *Studi Kasus:* Sertakan kotak yang menampilkan studi kasus singkat tentang peristiwa sejarah atau tokoh bersejarah. Hubungkan dengan panah ke metode sejarah dan periodisasi sejarah.

10. *Kesimpulan dan Refleksi Pribadi:* Tambahkan kotak akhir yang mencakup kesimpulan tentang pentingnya ilmu sejarah dan refleksi pribadi tentang materi tersebut. Hubungkan dengan panah ke semua konsep utama.

Pastikan peta konsep Anda jelas, terstruktur dengan baik, dan menggambarkan hubungan antara konsep-konsep utama. Anda dapat membuat peta konsep secara manual dengan pena dan kertas atau menggunakan perangkat lunak khusus peta konsep. Jangan lupa untuk menjelaskan setiap elemen dalam peta konsep Anda sesuai dengan penjelasan yang diberikan dalam instruksi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama