Prosedur Kerja Di Korea

Korea adalah salah satu negara maju yang terkenal dengan teknologi canggihnya, industri kreatif, dan budayanya yang kaya. Dalam artikel ini, akan dibahas tentang prosedur kerja di Korea yang diharapkan dapat memberikan gambaran bagi mereka yang ingin bekerja di negara tersebut

1. Pencarian pekerjaan

Proses pencarian pekerjaan di Korea umumnya dilakukan melalui portal kerja online atau melalui agen pencari kerja. Pelamar kerja juga dapat mengunjungi job fair atau acara perekrutan yang diselenggarakan oleh perusahaan atau pemerintah.

2. Pengajuan lamaran kerja

Setelah menemukan pekerjaan yang diinginkan, pelamar kerja diharuskan untuk mengajukan lamaran kerja melalui email atau portal kerja online yang disediakan oleh perusahaan. Lamaran kerja yang diajukan biasanya berisi surat lamaran, daftar riwayat hidup, dan foto terbaru.

3. Wawancara kerja

Jika lamaran kerja diterima, pelamar kerja akan diundang untuk menghadiri wawancara kerja. Proses wawancara kerja di Korea biasanya berlangsung dalam tiga tahap, yaitu wawancara dengan manajer HR, wawancara dengan manajer departemen, dan tes kemampuan.

4. Penentuan gaji dan tunjangan

Setelah berhasil melewati tahap wawancara kerja, perusahaan akan menentukan gaji dan tunjangan yang akan diterima oleh karyawan. Gaji di Korea biasanya ditetapkan berdasarkan pengalaman kerja dan keterampilan yang dimiliki.

5. Kontrak kerja

Setelah semua proses seleksi selesai, perusahaan akan menawarkan kontrak kerja kepada karyawan. Kontrak kerja biasanya berisi informasi tentang gaji, tunjangan, jam kerja, hak cuti, dan aturan lainnya yang berlaku di perusahaan.

6. Proses visa kerja

Bagi karyawan yang berasal dari negara lain, diharuskan untuk memperoleh visa kerja sebelum dapat bekerja di Korea. Proses visa kerja di Korea cukup rumit dan memerlukan persyaratan yang ketat.

7. Orientasi kerja

Setelah semua proses administratif selesai, karyawan baru akan diberikan orientasi kerja oleh perusahaan. Orientasi kerja biasanya berisi tentang informasi perusahaan, aturan kerja, hak dan kewajiban karyawan, dan pelatihan kerja.

8. Masa percobaan

Masa percobaan di Korea biasanya berlangsung selama 3-6 bulan. Selama masa percobaan, karyawan diharuskan untuk menunjukkan kinerja terbaiknya dan memenuhi target yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

9. Evaluasi kinerja

Setelah masa percobaan berakhir, perusahaan akan melakukan evaluasi kinerja terhadap karyawan. Evaluasi kinerja dilakukan untuk menentukan kinerja karyawan selama periode tertentu, dan juga untuk menentukan kenaikan gaji dan promosi yang akan diberikan. Demikianlah prosedur kerja di Korea. 
Prosedur Kerja Di Korea

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama