Pendidikan Inklusif

Apa itu program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif dirancang untuk menjawab tantangan guru di sekolah reguler/sekolah penyelenggara pendidikan inklusif agar mampu melayani keberagaman peserta didik di kelasnya.

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif adalah salah satu upaya meningkatkan kompetensi guru dalam memahami keberagaman peserta didik serta meningkatkan kemampuan guru dalam mengadaptasi kurikulum sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Apa tujuan program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?

Meningkatkan pengetahuan guru tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

Meningkatkan dan memberikan pengalaman langsung kepada guru untuk melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI).

Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan bimtek dan pelatihan secara daring.

Siapa yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?

Semua guru PAUD, TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK.

Kepala Sekolah.

Pengawas Sekolah.

Tenaga Administrasi Sekolah.

Telah memiliki Akun SIMPKB.

Tidak terdaftar sebagai peserta Bimtek Daring Pemenuhan GPK.

Apa serunya belajar bersama di program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?

Berkesinambungan

Kesinambungan antara tahapan pemahaman konsep melalui pendekatan modular (Bimtek) dengan tahapan penguasaan yang menekankan pada keterampilan (Pelatihan).

Lebih Konsisten

Mendorong peserta melakukan pembelajaran mandiri secara konsisten dan terukur serta memenuhi kaidah akademik (setiap tahapan pembelajaran di setting perhari dengan ekuivalensi 4 JP/hari).

Lebih Kolaboratif

Peserta dapat belajar dengan rekan guru lainnya, mendorong guru menyelesaikan semua tahapan secara kolaboratif dan gotong royong.

Apa saja tahapan program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?

Tahap 0 - Orientasi


Pada tahap ini peserta dibekali pemahaman tentang latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar program, dan struktur program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif.

Tahap 1 - Bimtek

Pada tahap ini peserta akan mempelajari tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran. Pada tahap ini peserta melakukan pembelajaran mandiri secara konsisten dan terukur setiap harinya dengan ekuivalensi 4 JP/hari. Peserta tuntas Bimtek akan mendapatkan sertifikat Bimtek 32 JP.

Tahap 2 - Pelatihan

Pada tahap ini peserta akan diberikan latihan untuk melaksanakan identifikasi, melakukan asesmen dan menyusun planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI). Pada tahap ini peserta akan mendapatkan sertifikat Pelatihan 32 JP setelah mengakses microlearning dan melakukan pengimbasan dengan mengunggah URL video pengimbasan ber-platform youtube di SIM Ayo Guru Belajar.

Tahap 3 - Microlearning

Pada tahap ini peserta akan mendapatkan materi pelengkap/penunjang berupa microlearning yang akan menambah pengetahuan, pemahaman, serta pengalaman guru dalam menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Peserta yang dapat mengakses microlearning ini adalah peserta yang telah menuntaskan Pelatihan.

Tahap 4 - Pengimbasan

Pada tahap ini peserta yang telah mengikuti kegiatan bimtek, pelatihan, dan telah mengakses microlearning diharapkan menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mempresentasikan program, mengajak dan mendampingi guru lain untuk mengikuti Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif pada satuan pendidikan tempat peserta mengajar, kelompok kerja guru seperti KKG/MGMP atau organisasi profesi guru. Berikut adalah langkah pengimbasan :
  • Dokumentasikan pengimbasan dalam bentuk video.
  • Unggah link video pengimbasan ke kanal video berbagi (youtube).
  • Salin URL video pengimbasan ber-platform youtube tersebut.
  • Unggah URL video pengimbasan tersebut ke SIM Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif.
Pada tahap ini peserta akan mendapatkan Piagam Penghargaan bagi satuan pendidikan yang akan mencantumkan nama-nama peserta tuntas Bimtek dan Pelatihan.

Apa yang didapatkan peserta program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?

Meningkatnya pengetahuan guru terhadap konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Meningkatnya pengalaman guru dalam melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI). Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan bimtek dan pelatihan secara daring. Terdukungnya implementasi kebijakan merdeka belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Cara Mengikuti Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif, klick DISINI

source : https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama