Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Canva

Apa itu Canva?

Aplikasi Canva adalah salah satu platform yang digunakan dalam kegiatan desain grafis dan konten publikasi. Konon aplikasi ini disebut sebagai salah satu andalan bagi para desainer yang manasangat mudah serta lebih cepat dalam pengoperasiannya daripada software lain. Dalam pemanfaatannya, Canva dapat digunakan untuk membuat bergam desain mulai dari gambar, membuat video, membuat powerpoint, hingga menyusun mindmap, infograsis dan planner.

Download Aplikasi Canva : Mac OS, iOS, dan Android.

Download Aplikasi Canva : Mac OS, iOS, dan Android.

Kelebihan Aplikasi Canva

1. Mudah diakses

Salah satu keunggulan Canva ialah kemudahan akses. Platform yang satu ini bisa diakses melalui web Canva.com, dan bisa pula diunduh untuk Mac, Windows, Android, dan IOS. Sehingga aplikasi Canva ini dapat dinikmati fitur-fitur canggihnya tanpa harus menggunakan perangkat khusus. Apabila kita tidak mempunyai atau sedang tidak membawa dekstop, pun bisa diakses via smartphone. mantul banget yah...

2. Tampilan Yang Sederhana tapi Powerfull Fiturnya

Tampilan antar muka di Canva bisa dibilang cukup sederhana atau simpel. Namun tampilan fiturnya lengkap dan mudah untuk dipahami baik oleh pengguna awam maupun pengguna profesional. Jadi bagi anda yang 'maaf' masih merasa gaptek, jangan ragu deh untuk mencoba aplikasi Canva ini.

3. Banyak Template yang Siap Pakai

Entah itu mau bikin presentasi, bikin video animasi, bikin komik, spanduk, logo, hingga CV semuanya bisa jadi cepat dan gesit bila kita desain di Canva.

Soalnya, platform desain grafis online yang satu ini sudah menyediakan ribuan bahkan ratusan ribu template yang senantiasa bertambah setiap harinya seiring dengan bertambahnya pengguna.

Mengedit template alias kostumisasi desainnya pun cukup mudah. Kita hanya perlu menggunakan sistem drag and drop alias seret-menyeret elemen sesuai keinginan.

4. Fitur Lumayan Lengkap

Aplikasi Canva bisa masuk kategori yang lengkap akan fitur. Di Canva ada fitur template, background, foto dan gambar gratis serta premium, unggah foto, video, dokumen PDF, hingga font, pembuat logo, bagan, serta fitur menambah elemen dari platform seperti Emoji, Giphy, Pixton, TINT, hingga YouTube.

5. Hasil Desain Bisa di Download dengan Bebrapa Pilihan Ekstensi

Keunggulan lainnya dari Canva ialah desain yang kita bikin bisa di download secara gratis dalam format PNG, PDF, JPG, SVG, GIF, MP4, bahkan hingga download PPT format Microsoft PowerPoint.

6. Tidak Memerlukan Ruang Penyimpanan

Jangan khawatir dengan memori HP yang penuh atau RAM laptop yang di bawah spesifikasi. Kita beruntung karena penggunaan Canva tidak memerlukan ruang penyimpanan khusus. Karena platform yang satu ini berbasis web dan cloud yang menyimpan data desain anda nantinya.

7. Fitur Save Otomatis

Saat mendesain slide presentasi atau pun kebutuhan grafis lainnya, Canva akan menyimpan desain kita secara otomatis di penyimpanan cloud. Nah, fitur ini lah yang sangat menarik, karena ketika nanti secara mendadak listrik padam atau kuota intenet habis, grafis yang kita buat di Canva tidak akan hilang dan bisa kita buka kembali disaat semuanya normal kembali. Makin nyaman aja ya kalau pakai aplikasi yang satu ini, hehehe

8. Menghasilkan Uang

Apa bisa ? hehe, tentu saja ini bagian dari peluang. Nah, bagi anda yang menyukai dunia desain-mendesain dan punya kompetensi yang cukup mumpuni, maka tidak ada salahnya anda ikut bergabung menjadi Kontributor Canva. Berapa bayarannya? Bergantung kepada lisensi yang disematkan pada template atau elemen yang kita buat.

9. Sekali Klik Bisa Menghapus Background Video

Selain memiliki fitur penghapus background gambar, logo, dan ilustari, sekarang di Canva pula ada fitur remover background video. Hebatnya, fitur penghapus latar belakang video di Canva ini bekerja otomatis cukup dengan sekali klik saja. Dengan demikian, kita bisa membuat video pembelajaran, bisnis, hingga konten medsos lebih mudah dan gampang.

Kekurangan Aplikasi Canva

1. Hanya Bisa Diakses Secara Online

Karena berbasis web, Canva hanya bisa diakses secara online. Dengan demikian, kita membutuhkan kuota internet yang lumayan apabila kita menggunakan tarif paket data. Sehingga anda harus bisa mengatus management tarif data internet anda.

2. Berbayar untuk Akses Fitur Premium

Canva memang kaya fitur, tapi beberapa fitur premium hanya bisa diakses ketika kita sudah membayar biaya langganan. Contoh fitur premium di Canva misalnya menghapus background foto, menggunakan template, foto, dan elemen premium, mengunduh dengan kualitas lebih besar, hingga mendownload dengan latar belakang transparan.

3. Membutuhkan Signal Internet yang Stabil

Karena berbasis cloud, tentu saja signal internet anda saat melakukan aktivitas desain di Canva harus stabil dan kuat. Kekuatan sinyal minimalnya ialah H+ alias WCDMA/GSM Otomatis. Hal ini akan memberikan dampak kurang bagus bagi anda yang berlokasi di daerah terpencil atau daerah lingkungan pegunungan yang akses internetnya terhambat atau lemot.

4. Desain Video Cenderung Lama di Unduh

Menurut pengalaman pengguna disaat mengunduh video terasa lebih lama. Misalnya saat membuat video animasi di Canva dengan durasi 8 menitan, ketika diunduh, rasanya nyaris setengah jam desain video tersebut baru bisa diunduh. Padahal kecepatan sinyal internet di rumahku sudah 4G+. Hal ini mengharuskan kita agak sabar aja ya, hehehe

5. Belum Ada Fitur Insert Tabel untuk Membuat Slide Presentasi

Walaupun merupakan salah satu tempat desain slide presentasi yang lengkap, Canva masih belum sempurna. Salah satu kekurangan Canva ialah belum adanya fitur insert agar kita bisa membuat tabel layaknya aplikasi Microsoft Word maupun PowerPoint. Tapi bila anda tetap ingin membuat tabel di Canva, bisa gunakan fitur import PDF kok.

6. Beberapa Kode Warna Menjadi Buram Ketika Diunduh

Dari pengalaman para pengguna aplikasi Canva berbasis web maupun android, kami menemukan beberapa celah atau bug terutama pada penggunaan kode warna font dan tulisan. Sehingga hasil desain akan tampak buram.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama