Inilah Hikmah Puasa Ramadhan, Sudah Tahu ?

Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Bulan suci ini memiliki banyak hikmah dan keutamaan yang harus disadari oleh setiap muslim. Selain itu, puasa Ramadhan juga menjadi ibadah yang sangat penting dan wajib dilakukan oleh setiap muslim dewasa yang sehat secara fisik dan mental. Dalam artikel ini, kita akan membahas hikmah puasa Ramadhan beserta dalil aqli dan naqli yang mendukungnya.

Inilah Hikmah Puasa Ramadhan

Mendidik untuk Bersabar

Salah satu hikmah puasa Ramadhan adalah untuk mendidik manusia dalam bersabar. Ketika berpuasa, kita menahan diri dari makan dan minum selama 12-14 jam sehari. Hal ini membutuhkan ketabahan dan kesabaran yang tinggi. Namun, dengan terus melatih diri, kita dapat mengasah kemampuan untuk bersabar dalam menghadapi cobaan hidup yang lainnya.

Bersabar dalam menghadapi cobaan hidup merupakan sebuah kebijaksanaan yang diungkapkan dalam Alquran Surat Al-Baqarah ayat 153 :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اسۡتَعِيۡنُوۡا بِالصَّبۡرِ وَالصَّلٰوةِ ؕ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيۡنَ

“Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Meningkatkan Rasa Empati

Dalam bulan Ramadhan, kita juga dituntut untuk meningkatkan rasa empati terhadap orang lain, terutama mereka yang kurang beruntung. Kita dapat berbagi makanan dan memberikan donasi kepada mereka yang membutuhkan. Dengan begitu, kita dapat memperluas cakupan solidaritas dan merasakan betapa beratnya hidup bagi orang-orang yang kurang beruntung.

Dalam Alquran, Surat Al-Hasyr ayat 9, Allah SWT berfirman: 

وَٱلَّذِينَ تَبَوَّءُو ٱلدَّارَ وَٱلْإِيمَٰنَ مِن قَبْلِهِمْ يُحِبُّونَ مَنْ هَاجَرَ إِلَيْهِمْ وَلَا يَجِدُونَ فِى صُدُورِهِمْ حَاجَةً مِّمَّآ أُوتُوا۟ وَيُؤْثِرُونَ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ ۚ وَمَن يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِۦ فَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ

“Dan orang-orang yang telah menempati kota itu, dan telah beriman (kepada Allah) sebelumnya, mereka mengasihi orang yang berhijrah kepadanya dan mereka tidak merasa dalam dadanya keinginan terhadap apa yang diberikan kepada mereka dan mereka lebih mengutamakan (orang-orang yang berhijrah) atas dirinya sendiri, sekalipun mereka sendiri memerlukan (bantuan). Barangsiapa yang dilindungi dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang yang beruntung.”

Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Puasa Ramadhan juga dapat memberikan manfaat kesehatan fisik dan mental. Dalam puasa, kita menahan diri dari makanan dan minuman yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan. Selain itu, puasa juga dapat membantu membersihkan sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Dalam sisi mental, puasa juga dapat membantu meningkatkan kesadaran spiritual dan mengurangi stres.

Dalam Alquran, Surat Al-Baqarah ayat 183, Allah SWT berfirman:

يٰٓـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا كُتِبَ عَلَيۡکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِکُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُوۡنَۙ

 “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama