Cara Supaya Bumbu Tabur Tidak Cepat Meleleh

Bumbu tabur merupakan salah satu jenis bumbu yang sangat populer di Indonesia. Bumbu tabur ini biasanya digunakan sebagai tambahan rasa pada makanan seperti mie, nasi goreng, atau ayam goreng. Namun, masalah yang sering muncul ketika menggunakan bumbu tabur adalah bumbu ini cenderung cepat meleleh saat terkena panas atau uap dari makanan yang masih hangat. Untuk itu, berikut adalah beberapa cara untuk membuat bumbu tabur tidak cepat meleleh.

Gunakan Tepung Jagung

Tepung jagung adalah salah satu bahan yang bisa digunakan untuk menghindari bumbu tabur meleleh. Caranya adalah dengan menambahkan sedikit tepung jagung ke dalam bumbu tabur Anda. Tepung jagung ini akan membantu menyerap kelembapan pada makanan sehingga bumbu tabur tidak cepat meleleh. Pastikan Anda tidak terlalu banyak menambahkan tepung jagung, karena terlalu banyak akan membuat bumbu tabur terasa garing dan berbeda dari rasa aslinya.

Simpan di Wadah yang Tertutup

Ketika tidak digunakan, sebaiknya simpan bumbu tabur di dalam wadah yang tertutup rapat. Hal ini dilakukan untuk menghindari bumbu tabur terkena udara atau kelembapan yang bisa membuat bumbu tabur cepat meleleh. Pastikan wadah yang digunakan juga bersih dan kering.

Simpan di Tempat yang Tidak Lembab

Simpan bumbu tabur di tempat yang tidak lembab seperti di dalam lemari atau di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini dilakukan untuk menghindari bumbu tabur terkena kelembapan yang bisa membuatnya cepat meleleh.

Tambahkan Bahan Pengikat

Tambahkan bahan pengikat seperti tepung terigu atau tepung maizena ke dalam bumbu tabur Anda. Bahan pengikat ini akan membantu menahan kelembapan dan membuat bumbu tabur tidak cepat meleleh. Pastikan Anda tidak terlalu banyak menambahkan bahan pengikat, karena terlalu banyak juga bisa membuat bumbu tabur terasa garing dan berbeda dari rasa aslinya.

Taburkan Setelah Makanan Dingin

Cara Supaya Bumbu Tabur Tidak Cepat Meleleh
Jangan menaburkan bumbu tabur pada makanan yang masih panas atau hangat. Sebaiknya, taburkan bumbu tabur pada makanan setelah dingin. Hal ini dilakukan untuk menghindari bumbu tabur terkena panas atau uap dari makanan yang masih hangat yang bisa membuatnya cepat meleleh.

Itulah beberapa cara untuk membuat bumbu tabur tidak cepat meleleh. Anda bisa mencoba salah satu atau beberapa cara di atas untuk menghindari bumbu tabur meleleh ketika digunakan pada makanan. Selamat mencoba!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama