Cara Mudah Membuat Blog - Tutorial Lengkap

Yang Harus Anda Tahu Tentang Blog

Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. informasi slengkapnya  tentang sejarah blog, bisa anda baca di wikipedia tentang blog.
Cara Mudah Membuat Blog - Tutorial Lengkap

Langkah-langkah Membuat Blog

1. Tentukan niche

Niche blog adalah tema atau topik yang dibahas secara khusus untuk sebuah situs blog. Sebenarnya tidak ada aturan yang mengharuskan pemilik blog untuk membahas topik tertentu secara khusus. Anda dapat memilih atau menentukan satu niche blog, sehingga nantinya anda hanya perlu membuat konten-konten dalam satu topik yang sama. Konten yang sama dalam artian membahas topik yang sama dari berbagai elemen yang ada, baik itu dalam segi pengertian, susunan, bahkan tips atau tutorial dalam menyelesaikan suatu masalah dalam topik nice itu sendiri.
Penentuan nice tak lepas dari kemampuan yang anda miliki. Sehingga anda tak perlu pusing memilih nice apa yang akan dipilih. Anda tinggal tentukan apa yang sekiranya anda mampu untuk membahasnya menjadi sebuah konten yang runtut dan lengkap. Mungkin hobi anda bisa menjadi salah satu penentu dalam pemilihan nice, misalnya anda pemakai gadget Android, nah anda bisa memakai Android sebagai niche blog. Kebebasan anda dalam mengeksplor konten tentang gadget android akan lebih mantap tentunya karena sesuai dengan hobi atau passion anda.
Banyak hal konten yang dapat anda buat dengan nice android. Mulai dari membahas merk, harga, tutorial, tips dan trik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Memilih Platform

Ada banyak sekali Platform Blogging yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan kemampuan, baik skill maupun materiil. Dari sekian banyak platform yang dapat menjadi tempat anda untuk membangun sebuah situs blog ada yang gratisan dan ada yang berbayar. Baik yang gratisan maupun berbayar tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang menurut beragam sumber, tentunya tak jauh berbeda definisinya. 
Platform blogging gratisan tentunya lebih banyak pemakainya didunia maya. Bahkan hampir pemakai platform berbayar pun juga tentunya punya akun dari platform blogging gratisan, mesipun hanya sekedar punya akun tapi tidak diurus. Walaupun platform gratisan 'konon' banyak keterbatasan, akan tetapi tak akan menjadi masalah bagi para blogger kreatif yang mampu berkolaborasi dengan layanan yang serba terbatas untuk memaksimalkan situs blognya. 
Walaupun tak sebanyak pengguna platform blogging gratisan, dengan membayar 'layanan dan fasilitas' berbayar tentunya lebih diminati oleh para blogger profesional yang lebih mengutamakan kualitas dan keamanan yang lebih. Platform berbayar juga masuk dalam kategori upgrade dari platform gratisan. melalui trial gratisan sebuah platform, pengembang memberikan tarif tertentu untuk layanan yang lebih luas.
Anda bebas memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan anda, yang gratisan atau berbayar. Ada beberapa platform yang dapat anda jadikan referensi :
  • Blogger
  • WordPress
  • Medium
  • LinkedIn
  • Joomla
  • Weebly
  • Wiz
  • Tumblr
  • Site123
  • Postach
  • Pen
  • Livejournal
  • Wattpad
  • Ghost
  • Drupal
  • dan lainnya

3. Buat Akun di Platform

Pada tahap pembuatan akun, silahkan ikuti petunjuk masing-masih platform. Karena akan berbeda antara platform satu dengan yang lainnya. Usahakan untuk mengisi identitas anda yang asli bila anda hendak serius menggunakan situs blog yang anda buat, sehingga tidak ada kendala kedepannya. Terlebih bila berhubungan dengan bisnis anda.

4. Memulai membuat blog


5. Membuat konten blog dan pubkilasi

6. Optimasi blog dan konten

7. Monetisasi blog untuk menghasilkan uang


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama