Bukti Fisik 8 Standar Akreditasi PAUD dan PNF

Tips Sukses Akreditasi PAUD,TK

Mempersiapkan kelengkapan berkas dalam akreditasi satuan pendidikan tentunya terdapat beberapa tips yang dapat anda terapkan supaya semua proses akreditasi berjalan dengan lancar serta mendapatkan hasil yang maksimal. Karena Hasil yang maksimal tentunya dibarengi dengan kerja keras dan disiplin yang tinggi.

Tipsnya adalah hanya dengan menyiapkan seluruh dokumen yang di perlukan mulai dari Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak hingga Standar Penilaian Pendididikan dengan benar. Jika seluruh bukti fisik telah disiapkan maka akreditasi akan di terima dengan baik.

Kiranya hanya itu saja informasi mengenail Akreditasi PAUD yang dapat kami sampaiakan. Terimakasih karna bunda telah berkunjung dan membaca artikel ini. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman bunda agar mendapatkan banyak kebaikan.

Sebelum melakukaan akreditasi paud terdapat syarat umum dan syarat khusu yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Berikut ini syarat-syarat yang harus ada sebelum melakukan akreditasi paud

Syarat Umum Akreditasi

  • Harus memiliki NPSN (Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional) dan telah mengisi Dapodik
  • Mengajukan permohonan akreditasi kepada BAN PAUD PNF melalui Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena-2) PAUD dan PNF
  • Memiliki Izin Penyelenggaraan/ Izin Operasional /Izin Pendirian Program yang diajukan akreditasinya dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Kemenag, UPT Perijinan, atau Lembaga Pemerintah lainnya yang berwenang serta masih berlaku
  • Satuan pendidikan wajib mengajukan semua program yang di selenggarakan sesuai Dapodik

Syarat Khusus Akreditasi PAUD

  • Jumlah peserta didik minimal 10 anak pada tahun pelajaran terahir
  • Minimal memiliki satu pendidik atau kepala satuan yang memiliki sertifikat kompetensi dibidang PAUD yang ditunjukkan dengan sertfikat mengikuti diklat
  • Memiliki kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang dikembangkan oleh satuan masing-masing

Dalam melalukan akreditasi PAUD terdapat dokumen yang harus dipersiapkan. Dokumen tersebut ialah 8 Standar Akreditasi PAUD yang terdiri dari Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan dan yang terahir Standar Penilaian Pendidikan.

Seluruh dokumen tersebut harus lengkap agar bisa mendaparkan akreditasi yang baik. Bagi satuan pendidikan yang memperpanjang akreditasi yang ada, tentu dokumen tersebut bukan merupakan hal yang sulit hanya tinggal menambahkan dokumen yang ada. 

Namun jika satuan pendidikan masih baru dan ingin melakukan akreditasi dokumen tersebut sulit untuk dibuat. Oleh karna itu kami memberikan bukti fisik akreditasi paud tahun 2021 untuk mempermudah proses akreditasi.

Bukti fisik akreditasi ini tersedia dalam format Word sehingga mudah untuk di sesuaikan dengan satuan pendidikan anda. 

1. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (Unduh File)

2. Standar Isi (Unduh File)

3. Standar Proses (Unduh File)

4. Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan ( Unduh File)

5. Standar Sarana Prasarana (Unduh File)

6. Standar Pengelolaan (Unduh File)

7. Standar Pembiayaan (Unduh File)

8. Standar Penilaian Pendidikan (Unduh File)

Silahkan download bukti fisik akreditasi paud di atas, semoga bermanfaat.

Bukti Fisik 8 Standar Akreditasi PAUD dan PNF Tahun 2021/2022

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama