5 Cara Membuat Artikel Viral yang Dapat Mendongkrak Traffic Blog

Salah satu pendulang traffic blog adalah artikel yang viral di dunia maya. Persaingan yang ketat antar situs berita menjadi tantangan yang berat bagi para blogger pemula. Tapi tenang saja, pada postingan ini akan kami sajikan cara membuat artikel yang viral untuk meningkatkan potensi traffic blog yang signifikan.

5 Cara Membuat Artikel Viral yang Dapat Mendongkrak Traffic Blog

1. Google trends

Layanan Google trends menjadi opsi penting dalam menentukan topik apa yang tengah banyak dicari sekaligus banyak diperbincangkan. Sehingga situs blog anda selalu tampil up to date.

Google Trends adalah layanan dari Google yang menyediakan data dan grafik mengenai popularitas yang sedang terjadi di halaman pencarian Google. Dengan Google Trends, pengguna juga dapat mencari keyword yang sering dipakai atau dicari orang-orang di internet.

Pencarian topik di Google Trends bisa anda sesuaikan dengan nice blog. Misalnya blog anda dengan nice pendidikan, maka anda dapat memilih diseputar trend pendidikan. Contohnya seputar rencana pembelajaran, sumber belajar dan ajar, info perguruan tinggi, beasiswa, dan lainnya. Tinggal sesuaikan saja dengan nice blog anda.

Apabila anda pengelola blog gado-gado, anda lebih bebas menentukan pilihan topik di Google Trends. Apapun topik yang sedang anda ikuti, bisa langsung anda cari topiknya dan eksekusi menulis artikelnya.

2. ATM Situs-situs Besar

Model ATM (amati-tiru-modifikasi) juga menjadi opsi tersendiri dalam membuat artikel yang viral. Situs-situs besar yang sudah terkenal akan selalu up to date dalam setiap konten terbarunya. Jadi anda dapat menjadikannya sebagai acuan dalam menentukan topik yang akan dibuat artikel.
Pemilihan situs sebagai objek ATM hendaknya anda sesuaikan dengan nice blog. Tidak boleh sembarangan asal comot topik ya. Kecuali anda pengelola blogger gado-gado.
Mengingat blog gado-gado, rasanya lebih leluasa dan bebas dalam menentukan artikel yang akan di post. Akan tetapi pada dasarnya justru persaingan blog gado-gado akan lebih berat tantangannya. Karena lebih rentan 'ditenggelamkan' oleh blog-blog besar lainnya.

3. Pemilihan diksi yang unik

Sebagaimana kita ketahui bahwa gaya penulisan yang unik menjadi perhatian khusus dan sangat disukai oleh sistem search anggine. Pemilihan diksi yang unik bukan berarti keluar dari penggunaan tata bahasa menurut kaidah yang baik dan benar. Baik saat anda membuay artikel berbahasa Indonesia atau bahasa asing, misalnya bahasa Inggris.
Diksi yang unik, dalam hal ini lebih difokuskan pada gaya penulisan yang personal. Sehingga anda tidak perlu bingung memilih diksi yang 'pas' atau meminimalisir penghapusan diksi yang sebelumnya sudah anda tulis. Karena sering kali bagi penulis atau blogger pemula akan bosan menulis disaat ia melakukan pengulangan dari menulis-menghapusnya-dan menulis ulang. Hingga untuk menyusun satu paragraf saja butuh lebih dari lima atau sepuluh menit.
Diksi yang unik juga berdampak pada daya tarik tulisan anda nantinya. Alur artikel yang mengalir sesuai selera anda sendiri sebagai penulisnya, yang tentunya konsep dan ide artikel bisa tersampaikan dengan tuntas kepada pembaca.
Penulisan dengan diksi yang unik juga memiliki 'porsi' tersendiri, salah satunya yaitu untuk menghindari kejenuhan pembaca dalam mengikuti alur 'cerita' dari artikel anda. Bahkan pembaca akan dengan mudah mengenali anda sebagai penulis artikel yang memiliki diksi yang khas.

4. Membuat judul yang tak 'biasa'

Pembuatan judul tak terlepas dari pemilihan diksi yang unik dan menarik. Karena dari judul pula akan menarik para pengunjung untuk klick dan membaca artikel.
Pembuatan judul yang biasa saja, monoton, tekstual akan dikesampingkan oleh pengunjung walaupun sebenarnya isi dari artikel sangatlah berbobot dan 'daging' semua. Karena yang pertama kali dibaca pengunjung adalah judul artikel.
Dalam pembuatan judul tidak harus singkat dan padat. Karena justru judul yang panjang sekali tapi membuat 'penasaran', menjadi hal menarik untuk diklick. Bahkan anda dapat membuat judul dengan kalimat pertanyaan, yang sekiranya pembaca akan bertanya-tanya kalau tidak klick dan membaca artikel anda. Terasa judul dengan gaya 'tanda tanya' akan memberikan daya tarik atas jawaban yang tersurat dalam isi artikel secara menyeluruh.
Pastikan juga bahwa judul anda tidak mengada-ada ya. Buatlah judul sesuai dengan isi artikelnya. Jangan membuat judul yang tidak sesuai dengan isinya. Karena bila hal ini anda lakukan, akan berdampak buruk pada citra blog secara menyeluruh. Blog anda akan dianggap spam atau klickbait yang tidak bermanfaat.

5. Alur sub-judul yang mengikat

Setelah pembuatan judul yang unik dan menarik, kita dihadapkan pada teknis penulisan sub-judul yang dapat kita optimalkan. Sehingga pembaca dapat menikmati membaca artikel anda hingga tuntas.
Sub-judul yang mengikat adalah runtutan pokok pembahasan yang saling terkait dari sub-judul satu dengan yang lainnya. Hal ini sangat penting bila artikel anda membahas tentang sebuah tutorial. Anda bisa membagi pokok pembahasan menjadi beberapa sub-judul yang sekiranya antar sub- tidak keluar jalur dari pemhasan paragraf sebelumnya. Sehingga pembaca tidak bingung 'melahap' semua informasi yang anda sampaikan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama