SMK Salafiyah Pati - Raih Juara 1 Fajar (Festival Jawa Tengah Syariah)

SMK Salafiyah Pati - Raih Juara 1 Fajar (Festival Jawa Tengah Syariah)
Rabu, 2 Agustus 2023, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan acara puncak "Festival Jawa Tengah Syariah (Fajar)" di Gumaya Tower Hotel Semarang. Acara kompetisi ini dianggap sangat bergengsi karena melibatkan sekolah-sekolah ternama dalam kejuruan Tata Busana dari seluruh Jawa Tengah.

Dalam ajang bergengsi ini, Yulia Indina Rahmawati dari kelas XII Tata Busana SMK Salafiyah Pati berhasil meraih prestasi gemilang dengan meraih Juara 1 dari total 8 peserta yang mengikuti babak penyisihan menuju Grand Final Jateng Modest Design Competition (JMDC). Kompetisi ini menuntut para peserta untuk menampilkan dua hasil karya dari tahap desain hingga tahap produksi.

Prestasi yang diraih oleh Indina merupakan bukti kepiawaian dan dedikasi yang luar biasa dalam bidang Tata Busana. Selain harus menunjukkan kreativitas dalam merancang desain, para peserta juga harus menghasilkan produk busana dengan kualitas yang baik. Keberhasilan Indina dalam meraih Juara 1 merupakan pengakuan atas keahlian dan upaya kerasnya dalam menghadapi persaingan yang ketat.

Partisipasi SMK Salafiyah Pati dalam Festival Jawa Tengah Syariah ini menunjukkan bahwa sekolah tersebut telah memberikan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas dalam bidang Tata Busana. Prestasi ini juga menjadi motivasi bagi seluruh siswa dan guru di sekolah tersebut untuk terus berprestasi dan mengembangkan potensi diri. Keberhasilan Indina dan SMK Salafiyah Pati dalam ajang ini telah memperlihatkan bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi dan kemampuan yang luar biasa, sehingga pantas mendapat apresiasi dan dukungan dalam mengembangkan bakat dan minat mereka.

Siswi SMK Salafiyah jurusan busana yang akrab dipanggil Indina, berhasil meraih prestasi Juara 1 dalam ajang kompetisi ini, dan kesuksesannya ini tidak terlepas dari dukungan dan bimbingan yang diberikan oleh para pembimbing dan guru-guru Tata Busana di SMK Salafiyah Pati.

“Saya sangat berterima kasih atas dukungan dan bimbingan yang saya terima dari Ibu pembimbing, Bu Atik Nur Fatkiyah, S. Pd., serta seluruh guru-guru Tata Busana, teman-teman, dan para alumni (Kabisat),” ucap Indina dengan penuh rasa syukur.

Kegiatan kompetisi ini menjadi salah satu event tahunan yang diadakan untuk mendorong dan memajukan perkembangan ekonomi syariah di wilayah Jawa Tengah. Dengan mengangkat tema "Pengembangan Pariwisata Ramah Muslim untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Jawa Tengah yang Inklusif", acara tersebut bertujuan untuk memperluas pengembangan ekosistem Halal Value Chain, yang tidak hanya terfokus pada sektor makanan, tetapi juga mencakup pariwisata ramah muslim dan modest fashion.

Prestasi yang diraih oleh Indina dan SMK Salafiyah Pati dalam ajang ini merupakan bukti nyata bahwa sekolah tersebut telah berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung dan mendorong potensi siswa untuk berkembang dan berprestasi. Peran aktif dan bimbingan dari para pembimbing dan guru-guru merupakan kunci kesuksesan para siswa dalam menghadapi tantangan dan kompetisi. Dukungan dari teman-teman dan alumni juga menjadi faktor penting dalam menciptakan atmosfer yang positif dan semangat dalam berusaha mencapai prestasi yang gemilang.

Kepala SMK Salafiyah, Ibu Erni Sofa Nugraha, S. Pd, merasa sangat bangga dengan prestasi yang telah diraih oleh Indina, dan beliau berharap bahwa pencapaian Indina akan menjadi motivasi bagi teman-teman sekelas dan adik-adik kelasnya untuk terus berprestasi, baik Kejuruan Teknik Komputer dan Telekomunikasi, Pengembangan Perangkat Lunak & Gim khususnya siswa Kejuruan Busana.

Rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai Road to FAJAR sejak Juni 2023 berisi serangkaian acara yang bertujuan untuk memajukan ekonomi syariah di wilayah Jawa Tengah. Di antaranya adalah kompetisi kewirausahaan dan dakwah santri, capacity building bagi 10 SMK tata busana di seluruh Jawa Tengah, sertifikasi halal untuk 110 produk UMKM berbasis syariah, dan showcase produk dari usaha-usaha yang mengadopsi sistem syariah.

Keberhasilan Indina dalam meraih prestasi Juara 1 menjadi bukti dari kesungguhan dan ketekunan para siswa di SMK Salafiyah Pati dalam menghadapi tantangan kompetisi. Dukungan yang diberikan oleh kepala sekolah, para pembimbing, dan guru-guru Tata Busana, serta semangat dan dukungan dari teman-teman dan alumni, telah menciptakan atmosfer yang kondusif untuk tumbuh dan berkembangnya bakat dan minat siswa.

Melalui kegiatan Road to FAJAR, SMK Salafiyah Pati juga telah berhasil memperkuat kolaborasi antara sekolah-sekolah tata busana di Jawa Tengah dan memperluas jejaring ekosistem Halal Value Chain. Sertifikasi halal untuk produk UMKM berbasis syariah merupakan langkah penting untuk meningkatkan kualitas produk dan memberikan jaminan halal kepada konsumen.

Prestasi yang telah diraih oleh Indina juga menjadi motivasi bagi SMK Salafiyah Pati untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan di bidang tata busana. Kepala sekolah dan seluruh guru berkomitmen untuk terus mendukung dan membimbing siswa-siswi dalam mengembangkan kreativitas dan potensi mereka, serta menciptakan lingkungan yang kondusif untuk tumbuhnya jiwa kewirausahaan dan semangat berkompetisi yang sehat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama