Mengenal Bahasa Pemrograman C++

Pemrograman C++ adalah salah satu bahasa pemrograman yang populer dan sering digunakan dalam pengembangan perangkat lunak. Bahasa ini memiliki sintaks yang mudah dipahami dan mendukung pemrograman berorientasi objek, sehingga banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi desktop, game, dan sistem operasi.

Dasar Pemrograman C++

Variabel dan Tipe Data

Variabel adalah tempat untuk menyimpan nilai. Di C++, ada beberapa tipe data yang dapat digunakan, seperti int untuk bilangan bulat, float untuk bilangan pecahan, dan bool untuk nilai true atau false.

Contoh:

satdik.com-Variabel dan Tipe Data

Operator

Operator adalah simbol yang digunakan untuk melakukan operasi pada nilai. Di C++, ada beberapa jenis operator, seperti aritmatika (+, -, *, /), perbandingan (<, >, ==, !=), dan logika (&&, ||).

Contoh:

satdik.com-Operator

Struktur Kendali

Struktur kendali digunakan untuk mengatur alur program, seperti pengulangan dan percabangan. Di C++, ada beberapa jenis struktur kendali, seperti if-else, for, dan while.

Contoh:

satdik.com-Struktur Kendali

Fungsi

Fungsi adalah blok kode yang dapat dipanggil dari bagian lain dalam program. Fungsi dapat memiliki parameter dan nilai kembalian.

Contoh:

satdik.com-Fungsi

Tugas

Buatlah program sederhana menggunakan C++ yang menghitung luas lingkaran. Program harus meminta input dari pengguna untuk jari-jari lingkaran dan menampilkan hasilnya.


Contoh Jawaban

satdik.com-program sederhana menggunakan C++

Program di atas menggunakan variabel pi, r, dan luas untuk menghitung luas lingkaran. Program meminta input dari pengguna untuk jari-jari lingkaran menggunakan cin, dan menampilkan hasilnya menggunakan cout. Program menggunakan konstanta const untuk menyimpan nilai tetap dari pi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama