Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2023 : Cek Waktu dan Cara Daftarnya !

Para Calon mahasiswa baru masih memiliki peluang untuk mendaftar KIP Kuliah 2023. Batas waktu pendaftarannya berakhir pada 31 Oktober 2023.

Menurut informasi yang terdapat dalam Panduan Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2023, seleksi penerima beasiswa akan dilakukan mulai tanggal 1 Juli hingga 31 Oktober mendatang. Pendaftaran akun dapat dilakukan melalui situs resmi KIP Kuliah dengan dua metode, yaitu mendaftar secara mandiri atau perguruan tinggi mendaftarkan mahasiswa yang telah diterima dan melakukan registrasi.

Ada beberapa informasi yang harus diisi saat melakukan pendaftaran, termasuk nomor identitas (NIK), nomor induk siswa nasional (NISN), dan nomor pokok sekolah nasional (NPSN). Selain itu, untuk menjadi calon penerima beasiswa KIP Kuliah, Anda juga harus memiliki alamat email yang aktif untuk mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses.

Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2023 : Cek Waktu dan Cara Daftarnya!

Berikut ini Cara Daftar Akun KIP Kuliah : 

  1. Siswa melakukan pendaftaran akun secara mandiri melalui https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id//
  2. Masukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang aktif
  3. Sistem KIP kuliah akan melakukan validasi data NIK, NISN, NPSN, serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.
  4. Jika validasi berhasil, maka siswa akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang didaftarkan.
  5. Siswa masuk ke situs KIP Kuliah Merdeka dengan memasukkan nomor pendaftaran dan kode akses untuk menyelesaikan pendaftaran. Kemudian, peserta bisa memilih proses seleksi yang diikuti, baik itu SNBP/SNBT/mandiri.
  6. Peserta menyelesaikan proses pendaftaran di situs KIP Kuliah sesuai jalur seleksi yang dipilih.
  7. Siswa yang sudah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, bisa melakukan verifikasi lebih lanjut ke kampus bersangkutan sebelum diusulkan ke Puslapdik sebagai penerima KIP Kuliah.

Berapa Nominal KIP Kuliah ?

Bantuan Beasiswa KIP Kuliah akan langsung disalurkan ke universitas yang berhubungan. Namun, untuk biaya hidup, jumlahnya akan langsung ditransfer ke akun bank mahasiswa.

Perihal jumlah bantuan biaya hidup per bulan, dibagi menjadi 5 klaster yang sesuai dengan wilayah masing-masing, diantaranya sebagai berikut :

  1. Rp 800.000
  2. Rp 950.000
  3. RP 1.100.000
  4. Rp 1.250.000
  5. Rp 1.400.000

Angka tersebut berasal dari hasil Survei Besaran Biaya Hidup dan Survei Sosial Ekonomi Nasional yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik. Bagi mereka yang belum mendaftar KIP Kuliah, diharapkan segera mendaftar akunnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama