8 Bahan Alami ini Ampuh Atasi Jerawat

8 Bahan Alami ini Ampuh Atasi Jerawat
Hampir setiap orang akan mengalami kondisi fisik yang membuat kurang nyaman dengan kehadiran jerawat. Kulit wajah berjerawat biasanya akan lebih banyak muncul di saat usia seseorang menginjak masa pubertas. Karena dipengaruhi perubahan hormon dalam tubuh dan juga faktor lainnya.
Kami akan menyajikan beberapa tips cara membersihkan jerawat. Dalam hal ini akan kami rangkum cara membersihkan jerawat dengan beberapa metode yang lebih mengutamakan bahan-bahan herbal alami. Karena sebagaimana kita ketahui bahwa produk yang mengandung bahan-bahan kimia memiliki beragam efek samping termasuk juga pada produk kesehatan kulit wajah. 

Cara Membersihkan Jerawat dengan Bahan Alami

1. Masker pepaya dan strawberry 

Tak perlu diragukan lagi bahwa buah pepaya mengandung banyak mineral dan enzim yang memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit serta membantu melepaskan sel-sel kulit mati. 
Buah yang satu ini juga dikenal mengandung vitamin B dan C, yaitu vitamin yang dapat membantu mencegah produksi minyak berlebih. Nah, bisa menjadi opsi bagi anda yang merasa kulit wajahnya sering berminyak ya.
Adapun buah strowberey memiliki sifat astringent yang dapat membersihkan pori-pori pada wajah sehingga membuat buah ini ampuh untuk mengatasi jerawat. 

Cara membuat masker pepaya dan strawberry :

  • Haluskan beberapa potong pepaya matang dan 3-4 stroberi segar. 
  • Tambahkan 1 sendok makan jus lemon segar. 
  • Haluskan hingga semua bahan membentuk pasta. 
  • Oleskan lapisan di wajah dan leher secara merata. 
  • Diamkan selama 15-20 menit. 
  • Bilas dengan air hangat. 
  • Lakukan dua kali seminggu. 

2. Pala 

Pala bukan hanya dapat menambah citarasa masakan saja, akantetapi rempah ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan kulit, termasuk mengatasi jerawat yang membandel.

Cara mengatasi jerawat dengan Pala : 

  • Pertama silakan campurkan 1 sendok teh susu dan 1 sendok teh bubuk pala, kemudian aduk hingga rata. 
  • Oleskan adonan pada kulit wajah anda selama 20-30 menit.
  • Gosok perlahan dengan gerakan memutar. 
  • Bilas dengan air bersih.

3. Bawang putih 

Seperti yang kita ketahui bahwa bawang putih memiliki banyak manfaat, termasuk untuk kesehatan kulit. Kandungan allicin yang terdapat pada bawang putih bersifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik. 
Allicin juga membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan, serta meningkatkan sirkulasi darah. 

Cara mengatasi jerawat dengan bawang putih :

  • Pertama silakan anda haluskan atau potong beberapa siung bawang putih lalu tempelkan langsung pada wajah, atau pada bagian tertentu yang berjerawat.
  • Anda juga dapat mencampurkan bawang putih dengan yoghurt, lidah buaya, atau cukup dengan air untuk kemudian diaplikasikan pada kulit wajah anda yang mengalami masalah jerawat.

4. Mentimun 

Mentimun atau yang dikenal juga dengan sebutan timun mengandung kadar air yang tinggi, sehingga dapat membantu menutrisi dan menghidrasi kulit.  Mentimun juga memiliki sifat antioksidan dan mampu melawan kuman penyebab jerawat. 
Mentimun dapat diaplikasikan secara langsung atau dijadikan masker wajah dengan campuran bahan lain, seperti tomat, madu, dan lidah buaya.  Mengonsumsi jus mentimun segar juga terbukti dapat membantu mengeluarkan racun dan mempercantik kulit. 

5. Madu dan jus lemon 

Jus lemon yang dikombinasikan dengan madu menjadi salah satu cara mengatasi jerawat secara alami. 
Lemon mengandung asam sitrat yang dapat mengurangi produksi minyak di kulit, sedangkan madu memiliki sifat antibakteri yang dapat menghentikan pertumbuhan mikroba penyebab jerawat. 

Cara mengatasi jerawat dengan madu dan jus lemon : 

  • Campurkan 1 sendok makan jus lemon dan 1 sendok makan madu, aduk hingga rata. 
  • Oleskan campuran kedua bahan di area wajah yang mengalami jerawat 
  • Tunggu 20 menit agar semua bahan meresap ke dalam kulit. 
  • Jika memiliki kulit sensitif, lebih baik campurkan air ke dalam semua bahan agar larutan lebih encer. 

6. Lidah buaya 

ekstrak Lidah Buaya memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang membuat tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut. 
Oleskan ekstrak gel lidah buaya murni dari daun yang baru dipotong dan di area jerawat untuk mengurangi munculnya bekas jerawat. 
Lidah buaya dapat dikombinasikan dengan lemon dan madu. Selain itu, minum jus lidah buaya di pagi hari juga bisa menghilangkan jerawat. 

7. Minyak kelapa 

Kelapa dipercaya memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang cukup kuat. 
Oleh sebab itu, minyak kelapa memiliki khasiat untuk mengatasi jerawat pada kulit wajah. 
Minyak kelapa mampu menenangkan dan mudah menembus ke dalam kulit, membunuh kuman dan bakteri, menetralkan peradangan, dan membantu mengatasi jerawat.  

Cara mengatasi jerawat dengan minyak kelapa :

  • Campurkan minyak kelapa dengan minyak alami lain, misalnya minyak jojoba. Kemudian aplikasikan pada bagian wajah yang berjerawat.
  • Campurkan minya kelapa dengan madu, jus lidah buaya, dalam takaran yang sama juga dapat mengatasi masalah jerawat pada kulit. 

8. Kunyit 

Kunyit menjadi salah satu bahan alami yang dapat anda jadikan pilihan untuk mengatasi jerawat. Karena kunyit termasuk dalam daftar rempah yang paling efektif menyelesaikan berbagai masalah kulit.  Kunyit memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat mencegah perkembangan jerawat dan membantu menghilangkan kemerahan serta pembengkakan. 

Cara menggunakan kunyit untuk mengatasi jerawat :

  • Ambil kunyit secukupnya kemudian anda campurkan dengan susu hingga bentuknya berubah menjadi seperti pasta
  • Silakan oleskan di area jerawat pada wajah anda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama